Baca Berita

Gathering OPD dengan Komunitas, PKK Paparkan Inovasi Program

Oleh : pkkdps | 31 Agustus 2017 | Dibaca : 36 Pengunjung

PKK Kota Denpasar melalui Sekretaris PKK Kota Denpasar Ny. Sri Utari Puspawan memaparkan inovasi program PKK yang telah dilaksanakan selama ini pada saat gathering organisasi perangkat daerah (OPD) dengan komunitas yang dikoordinir Badan Kreatif Kota Denpasar, Kamis (31/8) di Denpasar.

Ditemui usai pemaparan Ny. Sri Utari menyampaikan berbagai inovasi telah dilaksanakan PKK Kota Denpasar di bawah pimpinan Ketua TP PKK Kota Denpasar Ny. IA Selly D. Mantra dengan Wakil Ketuanya Ny. Antari Jaya Negara dan Ny. Kerti Rai Iswara beserta jajarannya. “Inovasi yang dilakukan PKK Kota Denpasar melalui programnya selalu mengutamakan kemanfaatan untuk masyarakat terutama meningkatkan kesejahteraan masyarakat itu sendiri,” ujarnya. Sehingga dalam pelaksanaan program selalu bersinergi dengan berbagai pihak baik OPD terkait bahkan juga melibatkan pihak swasta. Selama ini program-program yang dilaksanakan melalui kelompok kerja (pokja) telah mampu mengantarkan Pemerintah Kota Denpasar meraih prestasi tingkat nasional salah satu diantaranya bidang Lingkungan Bersih dan Sehat, serta tahun 2017 meraih penghargaan nasional kembali bidang Perilaku Hidup Bersih dan Sehat.

Program yang dilaksanakan PKK selalu disinergikan dengan program-program Pemerintah Kota Denpasar sehingga program yang dilaksanakan untuk masyarakat dapat lebih cepat terwujud.

Tentunya dalam pelaksanaan program perlu terus dilakukan kerjasama dengan pihak terkait seperti komunitas yang ada di Kota Denpasar. Saat ini PKK Kota Denpasar melalui program usaha peningkatan pendapatan keluarga (UP2K) terus memberdayakan kelompok-kelompok usaha yang telah dilaksanakan ibu-ibu rumah tangga. Namun dalam pemasaran perlu selalu mendapat pelatihan termasuk juga dalam mempromosikan produk-produk yang dihasilkan. Dengan demikian dapat meningkatkan kesejahteraan keluarga sesuai dengan harapan. “Melalui gathering ini kami harapkan komunitas yang ada dapat memberikan masukan dan membantu UP2K yang selama ini menjadi binaan PKK Kota Denpasar dalam mempromosikan produk-produknya,” harap Ny. Sri Utari.

Sementara Kepala Badan Kreatif Denpasar I Gusti Putu Anindya Putra mengatakan tugas dari Badan Kreatif Denpasar untuk menjembatani antara OPD dengan masyarkat melalui komunitas dalam melaksanakan setiap programnya. Sehingga kegiatan yang dilaksanakan OPD ada sinergi dengan komunitas. Dengan demikian setiap komunitas yang ada dapat telibat secara rutin dalam melaksankan berbagai program OPD. Salah satu contoh yang disampaikan Anindya Putra dalam pengolahan hasil pertanian bisa bersinergi dengan komunitas yang peduli terhadap pengolahan pangan. Dengan demikian apa yang diolah tersebut dapat disesuaikan dengan harapan masyarakat. Saat ini telah terdapat 500 komunitas yang telah bergabung dengan Badan Kreatif Denpasar. “Kami harapkan dengan adanya komunitas ini dapat membantu setiap program OPD terutama dalam keberlanjutan program yang dilaksanakan,”ujarnya. (Gst)


Oleh : pkkdps | 31 Agustus 2017 | Dibaca : 36 Pengunjung


Berita Lainnya :

Lihat Arsip Berita Lainnya :

 



Facebook
Twitter